Olá! Seja bem-vindo ao meu blog!

Aqui você dá as boas vindas aos seus leitores, fala sobre você e seu blog, contato:

E aqui você deixa os links de suas redes sociais, com ícones de sua preferência:

Menu

Faça um tour pelo blog ;3

KARTU HUTANG


MEMBUKUKAN HUTANG KE KARTU UTANG
                 

Seperti yang kita ketahui, bahwa catatan akuntansi  untuk mengelola utang adalah kartu utang, jurnal pembelian, dan jurnal pengeluaran kas. Seperti halnya dengan piutang dagang, perusahaan juga membutuhkan catatan yang menunjukkan utang kepada masing-masing kreditor (orang yang memberi utang). Untuk itu perlu disediakan rekening kontrol, yang disebut Utang Dagang di buku besar dan rekening-rekening utang kepada masing-masing kreditur dalam Buku Pembantu Utang (Kartu Utang). Jadi, untuk satu kreditor disediakan satu buku pembantu utang. Dasar di dalam kartu utang ini adalah dari jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas.
1.               Jurnal Pembelian
            Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat pembelian secara kredit. Jurnal pembelian yang sederhana hanya memiliki satu kolom jumlah rupiah, seperti halnya jurnal penjualan. Jurnal pembelian dapat juga dirancang untuk mencatat pembelian perlengkapan (tidak hanya mencatat pembelian barang dagangan)
Contoh Bentuk Jurnal Pembelian.
Tgl
No.
Faktur
Perkiraan
Yg dikredit
ref
Debit
Kredit
Pemb.
Perleng
kapan
Serba-serbi
Utang
dagang
No.akun
Ref
Jml

2.               Jurnal Pengeluaran Kas
            Buku jurnal pengeluaran kas berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi yang berhubungan dengan pengeluaran atau pembayaran melalui kas, yang meliputi pembayaran dengan uang tunai dan pembayaran dengan cara menyerahkan cek atau bilyet giro kepada pihak yang berhak menerima.
            Jurnal pengeluaran kas, disusun dalam bentuk lajur-lajur yang disesuaikan dengan keperluan yang berhubungan dengan volume dan sifat transaksi yang biasa terjadi dalam perusahaan, misalnya dalam perusahaan sering mimbuka transaksi utang, maka akan dibuka kolom utang tersendiri.
Contoh bentuk Jurnal Pengeluaran Kas

Tgl
No.
Cek
Keterangan
ref
Rekening Yg didebit
Rekening yg dikredit
Pemb.
Utang dagang
Serba-serbi
Pot.
Pemb
Kas
akun
Jml


Prosedur Pencatatan Mutasi Utang
                 Untuk kepentingan informasi mengenai kepada siapa perusahaan mempunyai utang dan berapa besarnya, perusahaan harus menyediakan buku besar pembantu untuk utang yang berfungsi sebagai tempat mencatat perubahan utang kepada setiap kreditor.
Sehingga setiap kali transaksi pembelian kredit, faktur yang diterima dari penjual akan dicatat sebagai berikut:
a.                         Dalam jurnal pembelian, untuk keperluan posting ke perkiraan (akun) pembelian dan perkiraan (akun) utang.
b.                         Dalam buku besar pembantu utang, pada perkiraan kreditor yang        bersangkutan.
                 Kegiatan posting dari jurnal pembelian ke perkiraan  pembelian dan utang di  buku besar dilakukan setiap akhir periode tertentu, sedang dalam pencatatan buku besar pembantu utang dilakukan setiap terjadi transaksi yang mengakibatkan perubahan utang.
                 Dalam buku besar, perkiraan utang dagang akan menunjukkan saldo untuk semua utang. Artinnya seluruh utang akan dicatat secara kolektif (gabungan) dan dikurangi dengan adanya pelunasan kepada kreditor dalam perkiraan utang dagang. Dengan demikian dalam buku besar umum tidak terdapat informasi mengenai besarnya utang kepada setiap kreditor.
                  Lain halnya dengan buku besar pembantu utang yang akan mencatat secara rinci terjadinya utang dan pelunasan pada masing-masing kreditor. Satu lajur buku besar pembantu utang untuk satu nama kreditor. Tidak ada pencatatan secara kolektif.
Contoh bentuk Buku Besar Pembantu Utang (dapat diformat ulang menjadi kartu utang)
Nama Kreditor: Perusahaan A
Tgl
Keterangan
Ref
Mutasi
Saldo
Debit
Kredit
Debit
Kredit

Nama Kreditor: Perusahaan B
Tgl
Keterangan
Ref
Mutasi
Saldo
Debit
Kredit
Debit
Kredit
Dan seterusnya..


Atau bisa juga dengan memakai format kartu utang.
Contoh Kartu Utang

KARTU UTANG
Nama Kreditur :                                                                       No. Kode Rekening      :
Alamat            :                                                                       Batas Kredit                 :
Tgl
Tgl faktur
No. bukti
Keterangan
Mutasi
Saldo
Debet
Kredit
Debet
Kredit

                 Selanjutnya, saldo akun utang dagang dalam buku besar umum, harus sama dengan total saldo akun-akun kredito dalam buku besar pembantu utang. Jika terjadi perbedaan berarti menunjukkan adanya kesalahan pencatatan.
Kesalahan pencatatan bisa terjadi pada saat:
·                 Mencatat transaksi dalam jurnal pembelian, atau
·                 Pada saat mencatat dalam buku besar pembantu utang.
Untuk mengecek kesamaan saldo perkiraan utang dagang dengan total saldo buku besar pembantu utang disusun Daftar Saldo Utang pada setiap akhir periode. Dalam hubungannnya dengan buku besar pembantu utang, perkiraan utang dagang dalam buku besar umum berfungsi sebagai perkiraan pengendali atau perkiraan kontrol.
Contoh Bentuk Daftar Saldo Utang
No.
Nama Kreditor
Saldo
1
Perusahaan A
Rp. .....
2
Perusahaan B
Rp. .....
3
Perusahaan C
Rp. .....
Dst.


lebih muda kan?? jadi harus semangat yya mempelajarinya :)

0 komentar:

Posting Komentar

up
marie_cutie my blog's © Copyright 2012. Editado por: Roberta. Créditos dos recursos utilizados em: Reino Kawaii.