Olá! Seja bem-vindo ao meu blog!

Aqui você dá as boas vindas aos seus leitores, fala sobre você e seu blog, contato:

E aqui você deixa os links de suas redes sociais, com ícones de sua preferência:

Menu

Faça um tour pelo blog ;3

syarat pembayaran !!!



                 Jika pembelian dilakukan secara kredit, maka syarat pembayaran harus ditentukan secara jelas sehingga kedua belah pihak baik pembeli maupun penjual mengetahui jumlah yang harus dilunasi pada saat jatuh tempo dan saat kapan pembayaran harus dilakukan.
                 Syarat pembelian umumnya dicantumkan dalam faktur pembelian dan merupakan bagian dari perjanjian pembelian. Dalam perusahaan tertentu, kadangkala diinginkan agar pembeli segera menyelesaikan kewajibannya secara cepat. Syarat pembelian tersebut misalnya dinyatakan dengan simbol:
a.             n/30, yang artinya keseluruhan harga faktur harus dibayar oleh pembeli dalam waktu 30 hari setelah tanggal faktur
b.            n/15, EOM (End of Month), berarti faktur pembelian tersebut menyatakan bahwa utang harus dibayar dalam waktu 15 hari setelah akhir bulan, dihitung dari bulan yang tertuang pd faktur dimaksud.
Apabila jangka waktu kredit yang diberikan oleh penjual cukup lama, maka penjual umumnya menawarkan potongan tunai agar pembeli mau melunasi utangnya secepat mungkin. Potongan tunai yang ditawarkan penjual kepada pembeli dicantumkan dengan berbagai cara.
Syarat pembelian 2/10, n/30, berarti:
1.               memperoleh potongan 2% dari harga faktur bruto, apabila pembayaran dilakukan dalam waktu 10 hari setelah tanggal faktur,
2.               menunda dan membayar secara penuh seluruh harga faktur bruto pada setiap waktu yang dikehendaki setelah lewat 10 hari, tetapi tidak melewati 30 hari sejak tanggal faktur.
Syarat pembelian 2/EOM, n/60, berarti:
1.               memperoleh potongan 2% dari harga faktur bruto, jika ia membayar tidak melewati akhir bulan.
2.               Menunda dan membayar penuh seluruh harga faktur bruto pada setiap aktu yang dikehendaki setelah akhir bulan namun tidak lebih dari 60 hari sejak tanggal faktur.
                
                 Pada saat terjadi transaksi  pembelian, pembeli akan mencatat jumlah pembelian sebesar harga faktur bruto dan pencatatan potongan (jika ada) dicatat tertunda sampai pembeli melakukan pembayaran.
Contoh:
Tanggal 1 Oktober PT. Makmur membeli barang dagangan dari PT Asia seharga Rp. 12.000.000,00 secara kredit, dengan  syarat 2/10, n/30. Jurnal untuk mencatat transaksi pembelian sebagai berikut:
1 Okt       Pembelian                                     Rp 12.000.000
                                 Utang Dagang                                                  Rp 12.000.000
(jurnal untuk mencatat pembelian barang dagangan)
                 Syarat pembelian tersebut berarti bahwa pembeli akan memperoleh potongan 2% jika melakukan pelunasan tidak melewati tanggal 10 Oktober atau pembeli harus membayar penuh jika pembayaran dilakukan setelah tgl 10 Okt, tetapi tidak lewat tgl 30 Okt. Jika pembeli melakukan pembayaran pada tgl 10 Okt (masih dalam periode potongan), maka jurnalnya adalah:
10 Okt     Utang dagang                               Rp 12.000.000
                                 Potongan Pembelian                                       Rp      240.000
                                 Kas                                                                    Rp 11.760.000
(jurnal untuk mencatat pelunasan utang dengan memperoleh potongan 2%)

0 komentar:

Posting Komentar

up
marie_cutie my blog's © Copyright 2012. Editado por: Roberta. Créditos dos recursos utilizados em: Reino Kawaii.